Bupati dan Wabup Bolsel Sambut Kedatangan Menteri ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Tinjau Lokasi Persiapan Lahan Relokasi Pengungsi Dampak Bencana Erupsi Gunung Ruang

KILASMERDEKA.COM, BOLSEL– Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi. Iskandar Kamaru, bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, menyambut kedatangan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Desa Modisi Kabupaten Bolsel, Minggu, 05 Mei 2024.

Kedatangan Menteri ATR/BPN RI, Agus Harimurti Yudhoyono, dalam rangka peninjauan persiapan lahan untuk relokasi pengungsi terdampak bencana Gunung Ruang Kabupaten Sitaro (Tagulandang), yang bertempat di Desa Modisi Kabupaten Bolsel.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (sulut) dan Pemerintah Kabupaten Bolsel telah menyiapkan lahan seluas 10 hektar yang berlokasi di Desa Modisi Kecamatan, Pinolosian Timur, untuk nantinya akan dijadikan sebagai tempat relokasi pengungsian Bencana Gunung Ruang

Saat menyambut kedatangan Menteri ATR/BPN), Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, memastikan bahwa status lahan ini clean an clear untuk dijadikan sebagai tempat relokasi.

“Selain itu kondisi geografis lahan yang berada diantara pegunungan dan pesisir pantai menyerupai dengan daerah asal para pengungsi sebelumnya, ini cocok apalagi kita ketahui bahwa sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani dan nelayan, serta masyarakat yang ada disekitaran lokasi relokasi juga sebagian besar merupakan suku Nusa Utara,” kata Iskandar Kamaru saat menyambut kedatangan Menteri AHY.

Jadi secara umum. Lanjut Kamari, ini bisa di bilang cocok untuk dijadikan tempat relokasi bagi saudara-saudara kita yang terdampak musibah gunung Ruang, bisa bermukim disini.

Sementara itu, Menteri ATR/BPN, AHY, secara langsung melihat kondisi lokasi lahan yang ada dan langsung bertatap muka dengan masyarakat setempat.

“Kesiapan lahan pada intinya siap dan masyarakat yang ada juga bisa menerima, untuk itu Kami (Menteri ATR/BPN) akan segera menindaklanjuti dengan segera melakukan koordinasi lintas kementerian lembaga dan melaporkan hal ini kepada Presiden Joko Widoso, dan berjanji dalam waktu dekat bisa segera digunakan untuk relokasi,” ucapnya saat peninjauan lokasi.

Diketahui, turut hadir mendampingi Menteri ATR/BPN, Kakanwil ATR/BPN Sulut, Alexander Wowiling, Stafsus Menteri Bidang Kerjasama Antar Lembaga, Kakantah Bolsel, dan Rombongan, dan serta hadir bersama Bupati Sekda Bolse. Marzanzius Arvan Ohy, Sekda BolselĀ  maupunĀ  para Asisten dan Pimpinan SKPD terkait.(Sid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *